Minggu, 13 Maret 2016

Fase Pengelolaan Proyek Sistem Informasi



         Analisis dan desain system merupakan prosedur pemecahan maslah yang terdiri dari enam fase untuk meneliti system informasi dan meningkatkannya.Keenam fase tersebut membentuk apa yang disebut siklus hidup pengembangan system. Siklus hidup pengembangan system (SDLC) adalah proses langkah demi langkah yang diikuti oleh banyak organisasi selama analisis dan desain system.

         Terdapat 3 aktifitas dalam fase definisi, sementara tujuan dalam fase definisi itu sendiri adalah untuk mengetahui masalah masalah yang di hadapi oleh cukup banyak user dalam suatu proyek, baik itu dalam hal waktu, biaya, tenaga, dan lain lain.

1. Aktifitas pertama : Harus memahami dengan seksama masalah apa yang di hadapi oleh user dan melakukan penyelesaian masalah tersebut serta mencari solusi apa yang di butuhkan oleh user.

2. Aktifitas kedua : Mengambil keputusan pada proyek tersebut, apakah proyek tersebut memiliki masalah-maslah yang harus di selesaikan yang akan dapat menggagalkan proyek tersebut, semua itu dilakukan dengan menganalisis. Membuat dokumen dan merangkum hal-hal yang bermanfaat, dokumen berisikian kebutuhan user yang dibuat dengan jelas dan lengkap.

3. Aktifitas ketiga : Membuat proposal yang akan di serahkan kepada user, pada saat pendefinisian proposal yang dibuat hanya akan menjadi analisis semata yang biasa di sebut sebagai proposal analisis. Dan selanjutnya menjadi proposal pengembangan, langkah tersebuat di buat jika kita tidak begitu yakin dengan kebutuhan yang sudah digambarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar